Thursday 6 November 2008

Nilai Sebuah Egoisme...


Udah lama gw ga posting...
bawaannya maleeees mulu....maklum gw kan emg pemalas.

Ciyee...judulnya sok serius gt ya
Tp emang kali ini gw pengen nulis sesuatu yang serius siy ^^
Tulisan gw kali ini gw persembahkan ma semua orang yg ngerasa dirinya pujangga,sastrawan,n blogger...serta semua orang yang ngaku suka menulis.

Beberapa malem yg lalu insomnia gw kumat lagi,parah bgt,mpe jam 3 pagi gw masi blom bisa merem...

Iseng2 aja gw ngeliatin rak buku gw. pandangan mata gw tiba2 tertuju ama "Balada Si Roy" karangan si om Gola Gong (FYI,ni novel punya si Basar...3 thn lalu gw pinjem n smpe skrg blom gw balikin...soalnya novelnya keren siy ^^)

Balada Si Roy ni nyeritain tentang remaja dengan segala permasalahannya,dan dia ngajalanin masa mudanya dengan melakukan perjalanan dari 1 kota ke kota lain...klo gw bilang siy,si Roy sendiri merupakan gambaran dari masa muda Gola Gong sendiri...dimana dia berpetualang dengan melakukan perjalanan keliling Indonesia di akhir taun 80'an & keliling Asia diawal taun 90'an..
Hmm...gw jadi inget ma petualangan yg selama ini pernah gw jalanin,walo ga sedahsyat Gola Gong siy..

Trus mata gw beralih lagi...

kali ini pandangan gw tertuju ama "Sang Nabi"-nya Kahlil Gibran...Cerita tentang seorang Nabi yang akan kembali dari pengasingannya...Al Mustafa,seorang nabi nan bijak yang membagi kebijaksanaannya...
Gw inget,gw beli (kali ini gw BELI) ni buku pas gw masi SMP...waktu itu ni buku cuman seharga Rp.16.500...gtw deh sekarang tu buku harganya berapa.

Disebelahnya gw liat...

"Menolak Tunduk" karangan Budiman Sudjatmiko...seorang idealis muda yg nulis buku ini pas dia masih jadi tahanan politik,kata pengantar buku ini ditulis oleh Xanana Gusmao...pejuang kemerdekaan Timor Leste,yang saat itu juga masih jadi tahanan politik n dikurung bersebelahan ama selnya Budiman Sudjatmiko...
Yaah,gw akui...idealisme gw sedikit terpengaruh ama buku ini juga siy...

Ngomongin sebuah idealisme...
Gw yakin banyak orang yg udah kenal ama sosok seorang Soe Hok Gie...dia nulis buku "Catatan Seorang Demonstran",yg kemudian diangkat jadi film layar lebar dengan judul 'GIE', Di situ ada sebuah quote yg cukup populer,yg menandakan idealisme Gie (gw juga setuju siy): "Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan..."

Gw kadang berpikir...
Kenapa pejuang2 intelektual yg pernah mewarnai perjuangan negri ini sering kali berasal dari kalangan sastrawan???
Kemana aja orang2 Hukum ato orang2 Politik??

Jawabannya ya cuman satu: EGOISME
Bagi seorang sastrawan,ketidakadilan atau penindasan adalah sebuah inspirasi...ibarat ulat-ulat yang memakan bangkai...akan semakin terus bertambah jumlahnya...
Ingatlah Soe Hok Gie...
Ingatlah Widji Thukul...
dan masih banyak lagi sastrawan2 pemikir lainnya.

Pernah baca "Manifesto Khalifatullah" karangan Akhadiat K. Mihardja??
Sastrawan berusia 90 tahun yg sekarang tinggal di Australia ini secara tersirat ngegambarin perjalanan hidupnya sebagai seorang pujangga...Dalam buku itu dia menggambarkan berbagai bentuk idealisme dalam sebuah karakter2 seseorang. Dan ga cuma itu,dia juga ngegambarin pemikiran2 dari pujangga2 lainnya beserta karakteristik pujangga tersebut.

Beliau menggambarkan semua itu dalam bentuk sebuah perjalanan hidup. Entahlah,mungkin itu semua merupakan klimaks dari seluruh pengalaman beliau menjadi pujangga yang telah melewati berbagai kondisi,baik politik,ekonomi,maupun sosial dan budaya trans-nasional.

Disitu beliau menghadirkan berbagai pujangga yang pernah mengisi lembaran sejarah sastra negeri ini...Amrijn Pane,seorang pujangga beraliran mistis digambarkan bercengkrama akrab dengan Chairil Anwar,seorang pujangga yang mengutamakan kebebasan. Yang gw rasa ga mungkin,coz keduanya kan emang berasal dari generasi yang berbeda.

Gw jadi inget ama temen gw,namanya Yussie...dia ni seniman Semarang (seniman asli loh),kebetulan dia tu kakak kelas gw pas SMA.
Gw ma dia punya prinsip yg sama dalam menulis:
"Kita menulis bukan untuk dibaca oleh orang lain...kita menulis untuk memuaskan ego kita sendiri"

Yaah,mungkin disitulah letak dari ke'EGOis'an seorang pujangga.
atau seorang penulis...atau bahkan seorang blogger kecil seperti gw...

Nikmatin aja semua yang sedang kita lakukan ^^

Huuffss...udah jam 04.30 WIB...
di TV pun liga champion-nya udah slese
Real Madrid kalah 0-2 dari Juventus

Saatnya gw balik n tidur...


My Gratitude,
-HPtSedangMerenung-