Saturday 29 November 2008

Catatan HPt: Sepotong Celana

Terinspirasi dari tulisan Andy F. Noya yg kemaren gw posting gw jd inget sebuah kejadian ketika gw masi kecil. Kejadian dimana gw sadar akan arti kalimat 'anak kecil tu ga kenal kata susah'...

Ketika gw masih SD,entah kelas 2 ato kelas 1 di perumahan gw jalanannya lg di aspal, n biasalah namanya juga anak2, gw ma temen2 yg laen maen2 disekitar alat2 berat yang di pake untuk ngaspal jalanan. Tertawa riang bermain bersama...
Sore harinya gw pulang ke rumah...dengan celana pendek yang belepotan kena aspal...

Sampe sekarang gw masih bisa ngbayangin dengan jelas gimana marahnya nyokap gw saat itu...dan seinget gw sampe ada sapu yg patah, piring yg pecah, dan kelapa yang terbelah -lebai mode on-

kemarahan nyokap gw bukan tanpa alasan...celana pendek yang gw pake itu adalah satu2nya celana pendek yg gw punya saat itu...dengan kata lain, dengan rusaknya celana pendek gw itu berarti gw dah ga punya celana pendek lg...

Gw sadar, kondisi keluarga gw bukanlah tipe keluarga yg mampu ngehambur2in duit untuk beli celana pendek...pengeluaran sesedikit apa pun harus bener2 diperhitungkan dengan akurat & tepat agar efektif, afektif, & infektif....nah lo,paan lg tuh?

Dan gw mengucapkan terima kasih yang sebesar2nya untuk tentangga gw, yang pada saat itu ada di TKP sehingga dapat menyaksikan kejadian bersejarah tsb...dan dia pulang cuma untuk ngambil celana pendek anaknya yg terus dikasi ke nyokap gw,katanya siy untuk gw....

keluarga gw ga mampu beli celana pendek
sedangkan tetangga gw mampu beli celana pendek

Bukankah perbedaan kaya dan miskin akan serasa sirna apabila kita dapat saling berbagi?

Dalam hal ini, keluarga gw (sebagai 'si miskin') bukan berarti akan selamanya menerima bantuan kayak gt ya...nyokap gw klo lg masak sesuatu pasti tetangga2 jg dibagi kok...
itulah yg gw bilang saling berbagi...

Dari kejadian itu gw bisa ngambil pelajaran:
1. Jangan maen2 ma aspal...coz klo lengket kena celana bakal susah ilangnya...bahkan bisa2 celana lo jd rusak.
2. Sedia persediaan celana pendek yg banyak, jd klo kenapa2 lo ga perlu minta ke tetangga...n klo misalnya tetangga lo yg kenapa2, lo bisa bantuin.
3. Jadilah tetangga yg baik...klo masak sesuatu, jangan lupa bagi2 gw ya...

Yaapp...begitu lah sekelumit cerita tentang masa kecil gw yg bodoh...
Nantikan catatan2 refleksi gw yg lainnya ya... ^^

My Gratitude,
-HPtSedangNostalgila-

No comments: